Minggu, 10 Agustus 2014

KURIR OH KURIR

Hidup tukang kue online itu tidak bisa lepas dari peran kurir lho. Sungguh..

Bayangkan saja seandainya si bakul kue harus bikin kue kemudian mengirim kue tersebut sendiri, pasti repot donk yaa. Begitu juga dengan saya yang sudah amat sangat rempong dengan urusan dapur serta urusan - urusan lainnya sehingga memilih untuk menggunakan jasa beberapa kurir. Kenapa harus beberapa kurir?? Inget pepatah: don't put all your egg in one basket kan? nah kurang lebih seperti itu alasan saya. Kalau hanya menggunakan jasa 1 kurir saja, bisa dibayangkan bagaimana bingungnya saya bila tiba-tiba kurir tersebut wanprestasi. Pasti nangis bombay deh..


Beberapa kali tersandung dengan masalah kurir. Mulai dari kurir yang ngrusakin barang, kurir yang tidak tepat waktu, sampai kurir yang ngilang sembunyi tanpa kabar saat diminta konfirmasi last minute sebelum delivery..hmm..itulah lika liku pelaku bisnis online.

Beberapa waktu yang lalu sempat ada masalah dengan kurir DOA (Delivery Order Anything) yang tidak datang tepat waktu untuk antar pancake durian ke bandara. Saat itu si kurir tidak ada respon saat di BBM, di sms, maupun ditelp hingga akhirnya pesawat si penerima pancake durian terlanjur take off. Hmm, saat itu yang ada cuma emosi aja siy secara saya kena komplain habis - habisan dari yang pesan. Akhirnya komplainlah saya via twitter yang Alhamdulillah langsung ditanggapi dengan pernyataan maaf dan penjelasan mengapa sampai terjadi keterlambatan pickup. Masalah selesai dan hubungan antara Meglio Kitchen dan kurir DOA masih tetap baik sampai sekarang. Saya pun masih menggunakan jasa kurir DOA untuk urusan delivery produk - produk Meglio Kitchen di Jogja dan luar kota. 

Masalah dengan kurir yang lain masih tetap ada tentunya. Salah satunya dengan kurir simplefast yang mempunyai website www.simplefastcourier.com dan kontak:  HP 0852-0066-4866 dan PIN BB: 767E5443 . Berawal dari membaca iklan kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com) di koran Kedaulatan Rakyat hingga akhirnya saya mempercayakan pengiriman cake, ayam kodok, dll dengan menggunakan kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com) ini. 

Pelayanan lumayan lah ya walaupun harganya tergolong mahal untuk kurir di Jogja tapi sepanjang customer saya bersedia membayar ongkirnya, tidak masalah bagi saya. Memang pernah ada kejadian dimana kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com) dengan PeDe menarik biaya ongkir dari penerima cake tanpa konfirmasi ke saya terlebih dahulu hingga berbuntut komplain habis-habisan dari pihak customer karena customer itu pesan cake untuk si Pacar dan sudah membayar biaya ongkir ke saya. Hmm..okelah, masih bisa dimaafkan. Namun masalah dengan kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com) tidak hanya berhenti disitu saja ternyata.

Saya ada booking untuk pengiriman tanggal 8, 10, 11, dan 18 Agustus 2014 dan semuanya telah diconfirm oke oleh kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com). Namun ternyata tanggal 7 Agustus 2014 malam, kurir yang namanya Furqon sms dan mengabarkan bahwa dia sedang sakit dan minta maaf tidak bisa mengirimkan cake untuk tanggal 8 Agustus 2014. Dia menawarkan solusi untuk menggunakan taxi yang semua biayanya akan diganti oleh dia. Di waktu yang bersamaan, saya mendapat BBM dari owner-nya kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.combahwa armada mobilnya sedang rusak dan menawarkan untuk mengirim cake tanggal 8 Agustus 2014 dengan menggunakan sepeda motor. hmm..aneh kan ya. Ngga singkron lho ya alasannya antara si kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.comdan si owner  kurir simplefast (www.simplefastcourier.com) . Hingga akhirnya si owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.commemastikan bahwa pengiriman tetap bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda motor.

Saat owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.commengambil kue pada tanggal 8 Agustus 2014, saya sempat menanyakan kembali bahwa mereka bisa melakukan pengiriman untuk tanggal 10 dan 11 Agustus 2014. Saat itu owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.commenjawab: Bisa bu...hmm lega deh saya..Hiks ternyata janji hanya tinggal janji lhoo. Tanggal 9 Agustus malam, kurir siplefast Jogja (www.simplefastcourier.comFurqon kembali SMS dan mengabarkan kalau dia masih sakit sehingga pengiriman tgl 10 dan 11 minta menggunakan taxi dan biaya taxi akan diganti oleh mereka pada saat delivery tanggal 18 Agustus. Hmm...pada saat itulah saya mulai merasa jengah hingga saya BBM ke owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com) untuk meminta kejelasan. Kenapa saya merasa perlu BBM ke owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.com?? karena sebelumnya terjadi perbedaan informasi antara si kurir dan si owner kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.comsehingga saya berharap ada solusi yang enak untuk mereka dan saya.. Sediihh saya, ternyata BBM saya dianggap koran which mean hanya dibaca saja tanpa direspon sedikitpun hingga detik ini saya menulis curhat tentang kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.comsamasekali tidak ada itikad baik untuk sekedar meminta maaf ataupun memberikan solusi. Oiya, saya merasa jengah bukan karena mendapat SMS bahwa kurir Furqon masih sakit lho ya. Mosok sakit bikin jengah, namanya juga musibah. Tapi yang bikin saya kecewa adalah cara kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.commenghandle ketidakmampuan kurir untuk mengantar cake karena satu dan lain hal. Saya bisa sangat mengerti bahwa yang namanya sakit bisa diibaratkan sebagai force majeur dan merupakan hal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Akan lain ceritanya kalau BBM saya tidak hanya dibaca seperti koran tetapi juga ditanggapi dengan baik plus permintaan maaf. Saya akan dengan sangat legowo dan ikhlas mengantarkan cake ke penerima. Toh saya juga harus tetap menjaga nama baik Meglio Kitchen kan. 
Mengapa saya menolak untuk menggunakan taxi saat pengiriman? Karena saat pengiriman menggunakan taxi, saya harus turut serta sehingga saya harus meluangkan waktu yang seharusnya bisa saya gunakan untuk mengerjakan order yang lain. Selain itu, konfirmasi ketidaksanggupan melakukan pengiriman dilakukan pada malam hari untuk pickup cake pagi hari jam 08.00 itu sama saja jedotin jidat si bakul kue ke tembok secara saya tidak ada waktu untuk mencari kurir mendadak. Saya masih simpan semua capture BBM dengan kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.comini dan juga SMS dari Furqon kurir simplefast Jogja (www.simplefastcourier.comini lhoo..buat jaga - jaga aja, siapa tau ada temen yang pengen baca hehe..pm ya kalau mau baca :D
Jadi, dari masalah dengan kurir yang pernah saya alami, saya jauuuh lebih mengapresiasi kurir DOA yang walaupun bisnis kurir tersebut dijalankan oleh mahasiswa tapi bisa menyelesaikan masalah dengan Meglio Kitchen secara baik dan dengan legowo meminta maaf. Selain itu kelihatan jelas sekali kalau mereka belajar dari pengalaman dan memperbaiki service mereka. So, buat pelaku bisnis di Jogja atau dimanapun anda berada yang sering menggunakan jasa kurir untuk pengiriman, pilihlah kurir yang bisa diajak kerjasama dengan baik, amanah, dan berani menyelesaikan masalah dengan customer secara baik. Bukan malah sembunyi dan menghindar dari masalah padahal dari segi umur harusnya kurir simplefast bisa lebih bijak dalam menyelesaikan masalah.
Setiap bidang usaha pasti pernah mengalami masalah, entah besar atau kecil masalah tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membuat masalah tersebut menjadi cambuk bagi kita untuk menjadi semakin maju. Masalah itu harus dihadapi lho ya dan kita sebagai pelaku usaha harus berani menghadapi masalah yang ada di depan kita. Jangan malah menjadi seperti anak kucing yang ketakutan dan sembunyi atau bahkan menyalahkan orang lain atas masalah yang kita hadapi.


Udahan ya curhatnya..sudah agak lega nih.hehe..oiya, akhirnya tadi cake nya saya delivery sendiri. Ngga pake lama, ngga pake banyak alasan..cake nya sampai dengan selamat di tangan penerima..hehe

UPDATE !!
Sehari setelah curhatan ini diposting, pihak simple fast kurir akhirnya BBM menyampaikan pernyataan maaf. Bahwa si mas Aris keluar kota dan BB tidak dibawa. Bahwa semua BBM saya yang baca istrinya dan si istri tidak berani membalas..hhmm..ya sutra lah ya..pernyataan maaf saya terima..mereka berjanji untuk memperbaiki service mereka. Dan saya pun memberi kesempatan kepada Simple Fast kurir untuk kembali mengirimkan kue - kue buatan saya sambil berharap mereka membuktikan janji mereka..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar